DESINE PEMBELAJARAN
Oleh : Marlin Rapar
A. Apa itu desine pembelajaran
NHW#5,
Learning
How to learn atau belajar bagaimana caranya belajar.
diantaranya yaitu belajar membuat desine pembelajaran untuk keluargaku sendiri. Secara tidak langsung saya harus mencari
tau apa itu desine pembelaran. Ada beberapa pengertian tentang desine
pembelajaran diantaranya :
-
Desain
pembelajaran adalah praktik
penyusunan media teknologi komunikasi dan isi untuk membantu agar dapat terjadi
transfer pengetahuan secara efektif antara guru dan peserta didik.( Wikipedia bahasa Indonesia,
ensiklopedia bebas)
-
Proses untuk
menentukan metode pembelajaran apa yang
paling baik dilaksanakan agar timbul perubahan pengetahuan dan keterampilan
pada diri pembelajar ke arah yang dikehendaki (Reigeluth).
-
Rencana tindakan yang terintegrasi meliputi
komponen tujuan, metode dan penilaian untuk memecahkan masalah atau memenuhi
kebutuhan (Briggs)
B. Deine Pembelajaran Keluarga Yahya Rapar 2017(KYR17)
Untuk memahami lebih
jauh tentang teori dan aplikasi desain pembelajaran. Dikenal berbagai model
disain pembelajaran dengan menggunakan pendekatan-pendekatan tertentu. Sebut
saja: Model ADDIE, Model ASSURE, Model Dick dan Carey, Model PPSI, Model AT dan
T, Model Degeng, Model Pengembangan Instruksional (MPI), Model Gerlach dan Ely,
Model Kemp, Model ISD dan lain sebagainya.
Maka disini saya memilih Desine Pembelajaran dengan menggunakan
pendekatan model Bela H.
Banathy.
Model Bela H. Banathy
berorientasi pada tujuan pembelajaran. Langkah-langkah pengembangan sistem
pembelajaran terdiri dari 6 jenis kegiatan. Model desain ini bertitik tolak
dari pendekatan system yang mencakup enam komponen (langkah) yang saling
berinterelasi dan berinteraksi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah
ditetapkan. Dan. berikut ini desain pembelajaran saya.
a.
Tujuan Pembelajaran
-
Kemampuan Menanamkan
Akidah dan keislaman pada anak
-
Kemampuan menjadi Ibu
yang baik
-
Kemampuan Menumbuhkan
karakter pada anak
-
Kemampuan menemukan
Passion Anak (Panggilan hatinya)
-
Kemampuan memperbaiki
diri sendiri
-
Kemampuan menjadi
Istri yang baik
-
Kemampuan menjadi berbagi
dengan masyarkat sekitar
b.
Tes Awal
-
Dalam tes awal ini
saya memulainya dengan Niat untuk memperbaiki diri sendiri,
-
Membuat Indikator untuk menunjang tercapainya tujuan
pembelajaran
c.
Kegiatan
Pembelajaran, Waktu dan Tempat
-
Menemani,
memandu dan menjadi teman bermain serta
belajar Anak
-
Melakukan pengamatan
terhadap Objek sasaran
-
Ikut terlibat dalam
berbagai kegiatan
-
Mempelajari Ilmu agar
mengetahui Passion anak
-
Menambah khasanah ilmu
pengetahuan
Kesemuanya yang
meliputi kegiatan pembelajaran ayng lebih detil lagi tertulis dalam Indikator
NHW#2 yang akan direvisi kembali
d.
Bahan/Materi
Pembelajaran
Sesuai dengan Milen Stone yang saya
buat dalam NHW#4
-
Ilmu Bunda Sayang mengenal bakat, minat dan ilmu seputar mendidik
anak
-
Ilmu manajemen rumah tangga( Bunda Cekatan)
-
Menguasai Ilmu seputar bunda produktif (
-
Menguasai ilmu
seputar bunda shalehah
-
Ilmu kepribadian dan
komunikasi
-
Ilmu agama
e.
Pelaksanaan Kegiatan
dan Evaluasi
Kegiatan pelaksanaan meliputi Materi dan
praktek lapangan yang mana untuk mencapai tujuan pembelajaran. Maka saya harus menyusun
kegiatan pembelajaran dan mensinkronkan dengan materi pembelajaran yang
kesemuanya itu akan terangkum dalam satu Indikator kegiatan harian saya yang
dibuat dalam satu bulan. Dan akan di ceklis kemudian di evaluasi agar bisa
direvisi kembali.
f.
Evaluasi Ulang
Indikator kegiatan yang sudah direvisi
perlu juga untuk direvisi ulang agar praktek dibulan kemudian bisa lebih baik
lagi
Komentar
Posting Komentar