DESINE PEMBELAJARAN
Oleh : Marlin Rapar
A.      Apa itu desine pembelajaran
NHW#5, Learning How  to learn   atau belajar bagaimana caranya belajar. diantaranya yaitu belajar membuat desine pembelajaran  untuk keluargaku  sendiri. Secara tidak langsung saya harus mencari tau apa itu desine pembelaran. Ada beberapa pengertian tentang desine pembelajaran diantaranya :
-        Desain pembelajaran adalah praktik penyusunan media teknologi komunikasi dan isi untuk membantu agar dapat terjadi transfer pengetahuan secara efektif antara guru dan peserta didik.( Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)
-        Proses untuk menentukan  metode pembelajaran apa yang paling baik dilaksanakan agar timbul perubahan pengetahuan dan keterampilan pada diri pembelajar ke arah yang dikehendaki (Reigeluth).
-         Rencana tindakan yang terintegrasi meliputi komponen tujuan, metode dan penilaian untuk memecahkan masalah atau memenuhi kebutuhan (Briggs)
B.      Deine Pembelajaran Keluarga Yahya Rapar 2017(KYR17)
Untuk memahami lebih jauh tentang teori dan aplikasi desain pembelajaran. Dikenal berbagai model disain pembelajaran dengan menggunakan pendekatan-pendekatan tertentu. Sebut saja: Model ADDIE, Model ASSURE, Model Dick dan Carey, Model PPSI, Model AT dan T, Model Degeng, Model Pengembangan Instruksional (MPI), Model Gerlach dan Ely, Model Kemp, Model ISD dan lain sebagainya.  Maka disini saya memilih Desine Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan  model Bela H. Banathy.
Model Bela H. Banathy berorientasi pada tujuan pembelajaran. Langkah-langkah pengembangan sistem pembelajaran terdiri dari 6 jenis kegiatan. Model desain ini bertitik tolak dari pendekatan system  yang mencakup enam komponen (langkah) yang saling berinterelasi dan berinteraksi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dan. berikut ini desain pembelajaran saya.
a.         Tujuan Pembelajaran
-        Kemampuan Menanamkan Akidah dan keislaman pada anak
-        Kemampuan menjadi Ibu yang baik
-        Kemampuan Menumbuhkan karakter  pada anak
-        Kemampuan menemukan Passion Anak (Panggilan hatinya)
-        Kemampuan memperbaiki diri sendiri
-        Kemampuan menjadi Istri yang baik
-        Kemampuan menjadi berbagi dengan masyarkat sekitar
b.         Tes Awal
-        Dalam tes awal ini saya memulainya dengan Niat untuk memperbaiki diri sendiri,
-        Membuat Indikator  untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran
c.          Kegiatan Pembelajaran, Waktu dan Tempat
-        Menemani, memandu  dan menjadi teman bermain serta belajar Anak
-        Melakukan pengamatan terhadap Objek sasaran
-        Ikut terlibat dalam berbagai kegiatan
-        Mempelajari Ilmu agar mengetahui Passion anak
-        Menambah khasanah ilmu pengetahuan
Kesemuanya yang meliputi kegiatan pembelajaran ayng lebih detil lagi tertulis dalam Indikator NHW#2 yang akan direvisi kembali
d.         Bahan/Materi Pembelajaran
Sesuai dengan Milen Stone yang saya buat dalam NHW#4 
-        Ilmu Bunda Sayang  mengenal bakat, minat dan ilmu seputar mendidik anak
-        Ilmu manajemen rumah tangga( Bunda Cekatan)
-        Menguasai Ilmu seputar bunda produktif (
-       Menguasai ilmu seputar bunda shalehah
-       Ilmu kepribadian dan komunikasi
-        Ilmu agama
e.         Pelaksanaan Kegiatan dan Evaluasi
Kegiatan pelaksanaan meliputi Materi dan praktek lapangan yang mana untuk mencapai  tujuan pembelajaran. Maka saya harus menyusun kegiatan pembelajaran dan mensinkronkan dengan materi pembelajaran yang kesemuanya itu akan terangkum dalam satu Indikator kegiatan harian saya yang dibuat dalam satu bulan. Dan akan di ceklis kemudian di evaluasi agar bisa direvisi kembali.
f.          Evaluasi Ulang

Indikator kegiatan yang sudah direvisi perlu juga untuk direvisi ulang agar praktek dibulan kemudian bisa lebih baik lagi

Komentar

Postingan Populer